SMAN 1 CIJAKU



BAB I
BENTUK PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA


1.    Bentuk Pangkat Positif, Negatif Dan Nol
2.    Bentuk Akar Dan Pangkat Pecahan
3.    Penjumlahan, Pengurangan Dan Perkalian Bentuk Akar
4.    Merasionalkan Bentuk Akar
5.    Mengubah Bentuk Pangkat Ke Bentuk Logaritma Dan Sebaliknya
6.    Menentukan nilai logaritma dengan grafik, tabel dan kalkulator
7.    Sifat- Sifat Logaritma Dan Penggunaan Dalam Perhitungan Aljabar.



LEMBAR KERJA SISWA 1

Mata Pelajaran                : Matematika
Uraian Materi pelajaran  : Bentuk pangkat positif, negatif dan nol
Kelas/Semester              :  X / Gasal
Waktu                             : 3 x 45 menit
___________________________________________________________

MATERI :

1. PANGKAT BULAT POSITIF
Proses perkalian bilangan berulang dapat ditulis sebagai :
3 x 3 x 3 x 3 x 3 = 35
35     disebut bilangan berpangkat
3      disebut bilangan pokok
5      disebut pangkat


    Untuk aÎR, dan n bulat positif maka
  An = a x a x a x … x a
          Sebanyak n faktor

 
 






Latihan 1.
1. Tuliskan perkalian berulang dengan notasi pangkat !
a. 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 = ….
b. a x a x a x a = …..
c. 3 x 3 x y x y x y = ……

2. Tuliskan tanpa menggunakan pangkat !
a. (-1)3        = ….
b. 4 p3       = ….
c. 32 + 53 = ….
d. (2m) 3    = ….
Sifat-sifat bilangan pangkat bulat positif
1. Tentukan hasil perkalian bilangan pangkat
a. 34 x 35  = 3 x 3 x 3 x 3  x 3 x 3 x 3 x 3 x 3  = 3  =  3…+…
                          4 faktor                5 faktor

b. a4 x a 3 =  a x … x a  x a x…..   =   a x a x …… x a  =   a = a …+…
                             … faktor     …faktor             …faktor  

Kesimpulan apa yang dapat diambil dari penyelesaian di atas ?

   am x an  =    a …+…

 
 



2. Tentukan hasil pembagian bilangan berpangkat :
a.    35          3 x …x…x…x…. 
       ¾    =     ¾¾¾¾¾¾    =   3
       32                 …..  x 3

       35
      ¾   =  3  =   3 …+…
       32    

b.    p7          p x … x … x …
      ¾    =      ¾¾¾¾¾¾    =   p
       p5           p x …..       x p

       p7
       ¾    =    p   =  p  … - …
       p5

Kesimpulan apa yang dapat diambil dari penyelesaian di atas ?


am
¾   =   a …-…
      an

 
 





3. Tentukan hasil perpangkatan bilangan berpangkat !
a.  (23)2  =  23 x 23  =  (2 x … x …) x ( 2 x … x …)  =  2

         (23) 2 =  2 =   2 …x…        
   
                  a 2 x a 2  x … x … x …         (axa) x (axa) x …. x….x (axa) 
b.  (a2)5  =  ¾¾¾¾¾¾¾¾¾    =     ¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾
                           5 faktor                                            … faktor
                
                     a x a x a x… x …  x … x a     
                  =    ¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾¾      =  a
                               …. faktor

        (a2)5   =  a   = a … x …

Kesimpulan apa yang dapat diambil dari penyelesaian di atas?


(am)n  =  a …x…
 
 



4. Tentukan hasil perpangkatan pada perkalian bilangan.
a. (4 x 3)3 = (4 x 3) x (… x …) x (… x…)
                 = (4 x … x … ) x (3 x … x …) = 4  x 3

b. (a x b)4 = (a x b) x ( … x …) x (… x …) x (a x b)
                 = (a x … x … x … ) x (b x … x … x … )  = a  x  b

Kesimpulan apa yang dapat diambil dari penyelesaian di atas?


( a x b ) n     =   …. x …


 
 



5. Tentukan perpangkatan dari  hasil bagi dua bilangan

                                                             2 x … x …        2  
a.  (2/3)3  =    (2/3) x (….) x ( …)  = ¾¾¾  ¾     =  ¾¾
                                                          3 x…x…           3  

                                                                            a x… x… x…       a  
b.  (a/b) 4  =   (a/b) x (….) x ( ….) x ( ….)  =  ¾¾¾¾¾¾  =  ¾¾
                                                                             b x… x…x…        b 

Kesimpulan apa yang dapat diambil dari penyelesaian di atas?
            a     n         a  
            ¾       =    ¾¾   
                  b                b         

   
Dari  hasil nomor 2 (a – b) di atas ditemukan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif,  untuk a,b  bilangan real  dan m,n  bulat positif  maka berlaku sifat :
  1. am x an                = 
  2. am  : an                = …
  3. (am)n                = ….
  4. ( a x b )n          = …
  5. ( a/b )n             = ….

2. PANGKAT BULAT NEGATIF DAN NOL

Perhatikan  sifat  am : a n =  a m – n  dan   definisi bilangan berpangkat :

                a n =  a x a x a x ………. x a
                          ¾¾¾¾¾¾¾¾¾                                                                                              
                                   n faktor

Perhatikan hasil pembagian  bilangan berpangkat     a3 : a5  
1. dengan menggunakan definisi perpangkatan :

        a3            a x a x …                   1              1  
        ¾  =  ¾¾¾¾¾¾¾¾   =   ¾¾¾  =  ¾¾
        a5          a x .. x …x…x…          a x …       a

2. dengan menggunakan rumus :

      a3 
    ¾¾      =  (a) … - …  =  a
      a5 
                                                                       1                                                  1
Dari 1 dan 2  didapat     a –n =  ¾¾       dan            an  =   ¾¾
                                                   a                                       a –n

Jika m = n   maka :
a. dengan menggunakan rumus   a m : a n  = a … - …    =   a 
b. dengan definisi  pangkat              a m          a n   
                                                            ¾¾  =  ¾¾  =  ….
                                                              a n          

Kesimpulan apa yang dapat diambil ?



a    =  ….
 
 
     Latihan  3.
1. Tuliskan dalam bentuk pangkat positif.
a. 2-6                       
b. 3-5
c.  4/(2)-3          
d. a-2. b-3
e. 1/3. a3 . b–4
f.  7. p-5. q2            
g.  a2 . b-3
     a-1. b5

h. (2.y-2.z)-4

i.       a2      -2
       ------
           2.b-3

2. Hitunglah :
a.  3 –2
b. 1/(5–2)
c. (1/2)-3
d. 3/(2–2)
e. 25 x 5-3
f.  3–2 x  4–2
g. (5-1)/2
h. 8 x 4–2
i.  5-4 x 2-1
j. (0,2) –4

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR KERJA SISWA  2


Mata Pelajaran                : Matematika
Uraian Materi Pelajaran : Bentuk akar dan pangkat pecahan
Kelas/Semester               : X / Gasal
Waktu                                : 3 x 45 menit


MATERI :

1. PENGERTIAN BENTUK AKAR
a. Diketahui sebuah segitiga siku-siku ABC , panjang sisi AB = 1,  BC=1 (lihat gambar)
  
             A                                        Dengan menggunakan rumus phitagoras
                                                  dapat dihitung panjang sisi miring (AC)
                                                         (AC)2             =  (AB) 2  +  (BC) 2
                                                                             =   12  +  12
             B                               C                           =    Ö2
panjang sisi AC dinyatakan dalam bentuk akar  Ö2  = 1,414213562 ...... (dengan kalkulator)

b. Hitung nilai dari suatu pecahan  1/3.
1/3  = 0,333333….. ( dgn kalkulator)
Dari kasus kedua di atas dapat dilihat bahwa bentuk pecahan 1/3 dan bentuk akar Ö2 dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan berulang.
1/3 =  0,33333……….  (angka 3 dibelakang koma selalu berulang)
Ö2   = 1,414213562 …(tidak dapat dinyatakan dalam bentuk desimal berulang).
Bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan desimal berulang disebut bilangan rasional, bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan desimal berulang disebut bilangan irrasional.
Berilah contoh –contoh bilangan rasional dan bilangan irrasional.
Bilangan rasional         : …..
Bilangan irrasional      : ….
Perhatikan .  Ö3  =  1,732050808… (tak berulang dan tak terbatas)
                     Ö4  =  2
Ö4 disebut bilangan rasional dan bukan bentuk akar dan  Ö3 bilangan irrasional dan disebut bentuk akar.
Jadi bentuk akar merupakan akar dari suatu bilangan riil positif yang hasilnya bukan merupakan bilangan rasional.

Latihan  1.
No
Bilangan
Bentuk akar
Ya atau Tidak
Alasan
1
Ö 8


2
Ö 9


3
Ö 16


4
Ö 18


5
Ö 25


6
Ö 27


7
Ö 45


8
Ö 50


9
Ö 269


10
Ö (16/25)



2. MENYEDERHANAKAN BENTUK AKAR
Untuk setiap a,b  bilangan bulat positif maka berlaku :
a.    Ö(axb)  =  Öa x Öb    dengan a atau b harus dapat dinyatakan dalam      bentuk kuadrat             
b.                   a ³ 0  ,  b > 0
Untuk memudahkan penggunaan bentuk akar dalam operasi aljabar maka bentuk akar dituliskan dalam bentuk akar yang paling sederhana.
Contoh :
Sederhanakan bentuk akar berikut !
1. Ö12    =  Ö(3x4)  =  Ö4 x Ö3  =  2xÖ3  = 2Ö3
2. Ö8a2  =  Ö( 4 x 2 x a2 x a )  =  Ö4a2 x  Ö2a  =  2aÖ2a
Latihan 2.
Sederhanakan bentuk akar berikut !
1. Ö24                  2.  Ö45                     3.   Ö12                 4.  Ö9a3
5. Ö20p2               6.   Ö125                    7.   Ö0,48              8.   Öa6.b2.c3
9.            10. Ö1/27                11. Ö50 a2b2         12. 
3. MENYATAKAN  BILANGAN PANGKAT PECAHAN DALAM BENTUK AKAR DAN SEBALIKNYA

Definisi  dan sifat-sifat bentuk pangkat pecahan.
a.  Ö2          =   2a
     (Ö2) 2     =  (2a) 2              kedua ruas dipangkatkan
                                           gunakan sifat (am)n  =  a mxn
        2         =    22a                  (2    =  21)
        21          =    22a     Þ          1    =   2a            Þ    a  =  ½
Ö2  =  21/2
 
jadi :
                                    
 Beberapa konsep
1. Öa      =  a1/2
2. 3Ö       =  a1/3
3. 7Öa    =  a1/ 7
4.  dan seterusnya  dan didapat     nÖa                        =  a1/n
     dari    nÖa  =  a1/n         maka         nÖam            =   (am)1/n
                                                                   =   (a)mx1/ n
                                                                   =   (a)m / n
nÖam     =    a m/n
 
      

dengan    a ³ 0 ,  m , n  bilangan bulat positif
Ingat!  Sifat-sifat yang berlaku pada bilangan pangkat bulat positif berlaku juga pada bilangan pangkat pecahan.
1. am x a n           =  am+n
2. am  : a n        =   am-n
3. (am) n              =   amn
4. (a x b) n        =   an . b n
      5. (a/b) n            =   a n /  b n
      6. a-n                 =   1 / a n    
Contoh :
Ubah bentuk akar menjadi bentuk pangkat dan sebaliknya.
1.  3Öy2                =   (y2) 1/ 3  =   (y2.1/ 3 ) =  y2/ 3
2.  5Öa.b              =   (a.b)   =   ax  b
3.  3Öa.4Öb         =   ax b 
4.   122/3              =   (12 2)    =   3Ö 12
5.  2. a2/ 3. b1/ 3   =   2. ….x……
Latihan 3.

I.  Ubah bentuk akar menjadi bentuk pangkat !
1. Ö5                  2. 3Ö16                        3. 5Öp4                    4. Ö(3xy)5
5. Ö76. 6Ö7         6. Ö2 -3                         7. 2Ö1/a                  8.  3x .4Öx3
II. Ubah bentuk pangkat menjadi bentuk akar !
1.  71/ 2             2. 122/ 3                      3. a-3/ 2                   4. x1/2 . y1/ 2
5.  2.a2 /3.b1/ 3   6. (m2.n2)5/ 3               7.  1/7                    8.  1/a-3
III. Dengan menggunakan sifat-sifat pada pangkat pecahan sederhanakan operasi-operasi aljabar berikut !
1.   21/3 x 21/5  
2.   a2/ 3  :  a7/ 3
3.   (32/ 3)3/ 4
4.   (27)-2/3
5.   (2 x 3)3/4
6.   (0,25)0,5 + (0,04) 0,5
7.   2x16-1/ 2 + 27 4/ 3 – 3x16 0
8.   Ö(27) -2/ 3 + 5 2/ 3x 51/ 3    
9.   Jika p = 8 , q = 4 dan  r = 9  hitung  3p-1/ 3 q2 r -3/ 2
10. Jika p = 8 dan q = 9  hitung  2p-1/ 2 + q 4/ 3 – 3p 0




























 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


LEMBAR KERJA SISWA 3


Mata Pelajaran                     : Matematika
Uraian Materi Pelajaran      : Penjumlahan, Pengurangan dan Perkalian
  Bentuk Akar
Kelas/Semester                    : X  / Gasal
Waktu                                     : 2 x 45 menit
___________________________________________________________

MATERI :

1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK AKAR
Sifat !    a.b + a.c  =   ( b + c ) a
                   a.b – ac   =   ( b – c ) a
                   3a  + 2b   =   tidak dapat dijumlahkan  karena peubah a
                                         dan b tidak sejenis
begitu pula dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk akar.
Bentuk akar dapat dijumlahkan dan dikurangi jika sejenis.
Kedua sifat ini berlaku juga untuk penjumlahan dan pengurangan bentuk akar.
aÖc + bÖc  =  ( a + b ) Öc
aÖc - bÖc   =  ( a – b ) Öc 
Contoh :
 1.  3Ö7 + 2Ö7  =  ( 3 + 2 ) Ö7 =  5 Ö7
 2.  4Ö3 -  Ö3   =  ( 4 - … ) Ö3 =  Ö3
 3. Ö18 - Ö8  =   Ö(…x 2 ) - Ö(…x 2) =  Ö2 - …Ö2 =  (… - …)Ö2 = ……
 4. 7Ö5 -2Ö5 + Ö5 = ( … - … + … ) Ö5 = ……
 5. Ö2 + Ö3 - 5Ö2 + 2Ö3  =  (Ö2 - …Ö2) + (Ö3 + …Ö3) = ….Ö2 + …Ö3
     ( tidak dapat dijumlahkan kenapa? )
Latihan 1.
Sederhanakan penjumlahan dan pengurangan bentuk akar berikut !
a.  5Ö3 + Ö3
b.  3Ö5 + 5Ö5 - 2Ö5
c.   Ö63 + Ö7 - Ö28
d.  Ö125 - Ö45 + 20
e.  (9/2) Ö3 + (1/2) Ö27
2. PERKALIAN BENTUK AKAR
Pada sifat bentuk akar berlaku  Ö(a x b)  =  Öa x Öb   ,  dengan a , b ³ 0
Contoh :
1.    Ö2 x Ö3  = Ö(2x3)  = Ö6
2.    3Ö2 x 5Ö3  = (3 x 5) Ö(2x3)  =  15Ö6
3.    Ö8 x Ö10  =  Ö(8x10)  =  Ö80  =  Ö(16x5)  =  Ö16 x Ö5  =  4Ö5
Rumus- rumus aljabar  seperti :
1.    a ( b + c )  =  a.b + a.c
2.    ( a + b ) 2  =   a2 + 2 ….. + b2
3.    ( a – b ) 2  =   … - 2 …. +  ….
4.    (a + b) ( a – b)  =  a2 - b2
5.    (a + b) (c + d)  =  a.c + … + ….+ b.d
Contoh :
1.Ö3 (Ö2 + 2Ö3)=(Ö3xÖ2) + Ö3x2Ö3 = Ö(3x2) + 2xÖ3xÖ3 = Ö6 +2.3= Ö6  6
2. (Ö2 + 1) 2  =  (Ö2) 2 + 2x ….x1 +12 =  … + 2 … + … +… + …  ( rms. 2 )
3. (Ö3 – 2) (Ö3 + 2)  =  (Ö3) 2 – 22  = …. – …. =  ……                     (rms 4)
4. (Ö5+4) (Ö3+2) = Ö5 xÖ3 +…Ö3 + …Ö5 + 4x2 = Ö… +... +… + 8 (rms.5)

Latihan 2. 
Sederhanakan !
1. Ö8 (Ö2 + 3)
2. (Ö3 - Ö5 )2
3. (3Ö2 + 1 ) 2
4. (2Ö3 + Ö2 ) (2Ö3 -Ö2)
5. (Ö2 +3) (Ö2 – 5)
6. ( 3Ö12 –2) Ö2
7. (2Ö3 - 4Ö6)(2Ö2 + 3Ö6)
8. Ö5 (2- 3Ö2) 2

















LEMBAR KERJA SISWA 4

Mata pelajaran                      : Matematika
Uraian Materi Pelajaran      : Merasionalkan bentuk akar
Kelas/Semester                    : X / Gasal
Waktu                                     :  2 x 45 menit
__________________________________________________________

MATERI :

A. MERASIONALKAN PENYEBUT BENTUK                                                
Ö2  =  1,4142…..   jika dihitung dengan menggunakan kalkulator.
Bagaimana jika membagi sebuah bilangan dengan Ö2  ?
Contoh :                         
   (perhitungan seperti ini sulit jika   tidak   menggunakan
kalkulator)                                                           
Untuk memudahkan perhitungan  ada cara yang mudah yaitu dengan merasionalkan penyebut, contohnya :
  
Merasionalkan bentuk   ,   dengan  b> 0   (ingat sifat  Öa x Öa = a)
                                                                                                   
      a             a         Öb          aÖb          a      
     ¾     =     ¾   x   ¾   =      ¾     =    ¾  Öb                   
    Öb           Öb         Öb            b             b

Contoh : Rasionalkan  penyebut bentuk pecahan berikut !

1).     1              1          Ö3        Ö 3                           
             ¾     =     ¾    x    ¾   =   ¾
            Ö 3          Ö 3         Ö3        3

2).     2            2                2…                                                       
             ¾     =   ¾  x   ¾   =    ¾
             Ö8          Ö8                ….

3.    10          10               10 x …       ….
            ¾     =   ¾   x  ¾   =   ¾¾    =   ¾¾              
           2Ö2        2Ö2     Ö2          ….            ….

Latihan 1.

a.    8       b.    3         c.   5Ö2             d.     3Ö3            e.     4
          ¾            ¾¾            ¾¾                   ¾¾                 ¾¾
          Ö2            5Ö3             2Ö5                     Ö12                  5Ö3

          


                                                                               c                          c       
B.  MERASIONALKAN PENYEBUT BENTUK   ¾¾       DAN    ¾¾¾
                                                                            a ± Öb               Öa  ±  Öb                                                         

Perlu diingat kembali  bahwa   ( a + b ) ( a – b )  =  a2 – b2
                                                 ( a – b )  ( a + b)  =  a2 – b2
( a – b )  disebut kawan dari ( a + b )
( a + b )  disebut kawan dari ( a – b )
Hasil kali dari pasangan sekawan selalu menghasilkan bilangan rasional.
Perhatikan perkalian  dari :
( a +Ö b ) ( a – Öb )           =   a2 -  (Öb) 2              =  a2 – b
(Öa + Öb) (Öa – Öb )          =   (Öa) 2 - (Öb) 2         =  a – b
Terlihat di atas  ( a + Öb )  sekawan dengan  ( a - Öb )
                         (Öa + Öb )  sekawan dengan  (Öa - Öb )

Contoh :   tentukan  sekawan dari
1. 1 + Ö5       sekawannya     1 - Ö5    berikan alasannya!                                                     
2. Ö3 – 8       sekawannya      ……..
3.  4 + Ö7      sekawannya      ……..
4.  Ö2 - Ö6     sekawannya      .…….
5.  2Ö3 + 1    sekawannya      ……..
6.  1 - 5Ö3     sekawannya       …….
7.  3Ö6 + Ö2  sekawannya       …….
8.  2Ö5 - Ö3   sekawannya        …….
Merasionalkan penyebut yang bentuk akarnya berupa jumlah atau selisih dari dua bilangan adalah dengan mengalikan baik pembilang dan penyebut dengan pasangan bentuk sekawan.
Contoh :
1.   10        10        4 + Ö6    10 ( 4 + Ö6 )    10 ( 4 + Ö6 )     10 ( 4 + Ö6 )
     ¾¾ =   ¾¾  x  ¾¾   =  ¾¾¾¾    =   ¾¾¾¾¾  = ¾¾¾¾¾
    4+ Ö6    4 + Ö6    4 + Ö6    (4)2 – (Ö6) 2        16 – 6               10         

2.   2 + Ö5        2 + Ö5      2 + Ö5     ( 2 + Ö5 ) 2      22+ 2x2xÖ5 + (Ö5) 2
      ¾¾¾  =  ¾¾¾ x ¾¾¾  =  ¾¾¾¾    =   ¾¾¾¾¾¾¾¾   =
      2 - Ö5         2 - Ö5       2 +Ö5     (2) 2 – (Ö5) 2            4 – 5                      

      4 + 4Ö5 + 5         9 + 4Ö5  
      ¾¾¾¾¾  =    ¾¾¾¾ =  -9  -  4Ö5
           -1                       -1                                                                           

3.     5               5          …. + ….     5 ( … + ….)      ( …. + ….)          …..
      ¾¾     =   ¾¾   x   ¾¾¾   =  ¾¾¾¾¾  = ¾¾¾¾¾  =  ¾¾¾
    Ö6 + Ö7    Ö6 + Ö7     Ö6 - Ö7      ( … ) 2 – ( …)2        - …..         …….
4.    Ö3            Ö3       Ö3 – Ö2     Ö3 ( … - ….)     Ö3 ( … - …)
      ¾¾    =  ¾¾   x  ¾¾   =  ¾¾¾¾¾   = ¾¾¾¾¾  = ¾¾¾¾ = ...
Ö3 + Ö2   Ö3 + Ö2    … - …   ( …)2 – ( … ) 2        … - …               …..


Latihan 2.
Rasionalkan bentuk akar di bawah ini.

1.      3                            2.        2                                 3.        7
      ¾¾                                ¾¾¾                                    ¾¾¾
      2 + Ö5                              Ö3 – 1                                   5 + 3Ö2


4.     5                            5.       Ö5                                   6     Ö5 – Ö2
      ¾¾                               ¾¾¾                                           ¾¾¾
   Ö6  - Ö7                           Ö5 -  Ö6                                      Ö5 + Ö2

                                                             p       q
7.  Hitunglah  p + q  ;  p – q ;  p x q  ;  ¾  ;  ¾   jika :
                                                             q       p

                       4                             9
a.       p  =  ¾¾¾    dan    q =  ¾¾         
                   Ö3 + 2                         2

                       1                                1
b.       p  =  ¾¾¾   dan      q  =  ¾¾¾
                    2 + Ö3                        2 - Ö3                


                       Ö2                              -Ö2
c.       p  =  ¾¾¾     dan      q  =  ¾¾¾  
                   Ö 2 + 2                         Ö2 + 2                                                                



                    



                                     


 












LEMBAR KERJA SISWA 5


Mata pelajaran                      : Matematika
Uraian Materi Pelajaran      : Mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma  dan sebaliknya             
Kelas / semester                   : X / Gasal
Waktu                                     : 2 x 45 menit
___________________________________________________________

MATERI :

1. MENGUBAH BENTUK PANGKAT KE BENTUK LOGARITMA DAN SEBALIKNYA.
Pada pembahasan yang lalu, anda diminta untuk menentukan nilai-nilai bilangan berpangkat, misalnya :
            22        =  4
            32        =  9
            3-1        =  1/3
            51/2      =  Ö5
Sekarang bagaimana menentukan pangkatnya jika bilangan pokok dan hasil perpangkatannya diketahui ?
            2    =  16
            5    =  25
            10 =  100
            16 =  4
Masalah di atas dapat  diselesaikan dengan menggunakan notasi logaritma
2 =  16  ditulis   2log 16   =  ….Þ  2 log 16  = 4  karena   24  =  16
5 =  25  ditulis    5log 25  = …  Þ  5 log  25 = 2  karena   52  =  25
16=  4    ditulis   16log 4    = …  Þ  16log  4  =  ½ karena  161/2   =  4

dari permasalahan tersebut terlihat ada hubungan antara perpangkatan dengan logaritma, yaitu logaritma adalah invers dari perpangkatan.
a log c  =  b jika dan hanya jika a b  =  c





 
   



a  =  bilangan pokok  dengan syarat  a > 0  dan  a ¹ 1
c  =  numerus ( bilangan yang dicari logaritmanya )  syarat  c > 0
b  =  hasil logaritma , syarat  bias positif atau negatif atau  nol
Contoh : tuliskan dalam bentuk logaritma pada bilangan berpangkat dan sebaliknya.
  1. 3 5   = 234    Þ  3 log 234  =   5
  2. 42    = 16       Þ  4 log 16     =   2
  3. 5-2   =  1/25  Þ   5 log 1/25 =  -2
  4. 72    =  49     Þ  7 log …      = 
  5. 51/2                = Ö5                Þ  5 log …        =  ….
                                                                                                                       
  1. 3  log 81     =  4   Þ  3 4    =  81
  2. b. 2 log 16 =  4   Þ  2   =  16
  3. c. 3 log 27 =  3   Þ  3   =  ….
  4. log 1000    =  3  Þ  3   = 
  5. 5 log 1/5     =  -1 Þ  -1 =  .....

Latihan 1
Tuliskan dalam bentuk logaritma pada bilangan berpangkat dan sebaliknya
1.  30              = 1
2.  2 n         = 8
3.  a2/ 5       = 4
4.  9-1/ 2       = 1/3
5.  5 log 1/125 = -3
6.  2 log 6  = x
7.  a log ¼  = -2
8.3 log Ö3  = ½
2. MENGHITUNG NILAI LOGARITMA
           
a.  3log  27  =   x    Þ   ubah ke bentuk pangkat   3 x  =  27 maka x = 3
     jadi  3 log 27  = 3

b.   5 log 5  =  y      Þ   ubah ke bentuk pangkat   5 y  =  5   maka  y = 1
      jadi  5 log 5  = 1


Latihan 2
 Tentukan nilai :
1.  4 log 2        = ….
2.  2 log ½       =  ….
3.  log 10.000  = 
4.  4 log 64     = 
5 . 5 log 125  = 
6. ½ log 1/8     = 
7.  3 log 81     = 
8.  3 log 1/9    = 
9.   log 100     = 
10. 4 log ¼     = 
11. 3 log Ö3    = 
12. 7 log 49    =  ….
13.  81 log 9    =  ….
14.  ½ log 4     =  ….
15.  6 log  36  =  ….
   



LEMBAR KERJA SISWA 6 


Mata Pelajaran                     : Matematika
Uraian Materi Pelajaran      : Menentukan nilai logaritma dengan grafik,
  tabel dan kalkulator
Kelas/Semester                    : X  / Gasal
Waktu                                     : 2 x 45 menit
___________________________________________________________

MATERI :

I.  MENENTUKAN NILAI LOGARITMA
Anda telah mempelajari dan memahami LKS 5, telah dibahas beberapa contoh dan latihan menentukan bilangan–bilangan logaritma yang bias langsung ditentukan nilainya, karena bilangan tersebut merupakan hasil dari perpangkatan dari bilangan pokoknya. Seperti :
                        2log 4  =  2  sebab  4  =  22
                        3log81 =  4  sebab  81 =  34

Bagaimana jika kita menghitung nilai 2log 7   =  x ?
Terlihat bahwa bilangan 7 tidak bias diperoleh secara langsung dari  2x.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menentukan nilai x  tersebut, yaitu :
a. dengan menggunakan grafik  y  =  a x  ,   a > 1  atau   0 < a < 1
b. dengan menggunakan tabel
c. dengan menggunakan kalkulator

1. Menentukan nilai  logaritma dengan menggunakan  grafik   y  =  a x ,         dengan  a > 1  atau 0 < a < 1
Contoh :  tentukan nilai  2 log 6  dengan menggunakan grafik !
Langkah-langkah :
1. Menentukan grafik yang akan digunakan
    2 log 6  =  x     Û    2 x  =  6     sehingga grafik yang digunakan  y  =  2 x
2. Membuat tabel yang menyatakan hubungan  x  dan  y  =  2 x
Tabel hubungan x dan y
X
0
1
2
3
4
Y =  2 x
1
2
4
8
16
( x , 2 x )
( 0,1 )
( 1,2 )
( 2,4 )
( 3,8 )
( 4,16)

3. melukis grafik  y  =  2 x
4. lihat bilangan 6  pada sumbu y, tarik garis sejajar sumbu x  hingga memotong grafik.
5. pada titik perpotongan tarik garis sejajar sumbu y sehingga memotong  sumbu x
6. titik perpotongan dengan garis sejajar sumbu y pada sumbu x  adalah hasil dari    2 log 6  yaitu  2, …
                        jadi  2log 6  =  2, …       ( pembulatan satu desimal)

Gambar grafik :




 














Latihan  1
1. Lukis pada kertas millimeter  grafik  y  =  2 x untuk menentukan nilai
a. 2 log 3      b. 2 log 5         c. 2 log 7         d. 2 log ½

2. Lukis pada kertas millimeter grafik   y  =  3 x  untuk menentukan nilai
a. 3 log 5      b. 3 log 7         c. 3 log 9         d. 3 log 12

2a.  Menentukan nilai logaritma bilangan antara 1 dan 10 dengan menggunakan tabel
Tabel logaritma  menyajikan logaritma dengan bilangan pokok 10  dan  e (logaritma natural yang disingkat dengan ln )
Pada tabel kita hanya dapat menentukan nilai logaritma dengan bilangan pokok 10, sedang untuk bilangan pokok lain dapat ditentukan dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.  Logaritma dengan pokok 10 , misalnya   10 log x , dapat ditulis  log x.
Pada tabel logaritma disajikan nilai-nilai logaritma untuk bilangan 1 sampai 10, dapat dilihat langsung nilai yang dimaksud.
Misalnya: log 1,03        =  0,0128   (lihat tabel )
                  log 2,04         =  0,3096
                         log 6,25         =  0,7959

Keterangan tabel :
1. kolom  N  memuat bilangan logaritma antara   1 sampai  10
2. Kolom  0 sampai 9  memuat  mantis yaitu bagian desimal yang menyatakan hasil logaritma suatu bilangan dengan pokok  10

Contoh           1. log   1,03  =  0,0128
                                                                     ß  
                                                     karakteristik
                                                                         mantis

karakteristiknya adalah 0, yaitu bilangan yang dilogaritmakan terletak antara 1-10
mantisnya adalah  0128, yaitu bagian desimal hasil logaritma dengan pokok  10   

         2.         log  25,3  =  1,4031

karakteristiknya adalah 1, yaitu bilangan yang dilogaritmakan terletak antara 1-100
mantisnya adalah  4031
2b.  Menentukan nilai logaritma dengan menggunakan kalkulator.
Kalkulator yang kita butuhkan dalam menghitung nilai logaritma adalah kalkulator yang mempunyai fasilitas log. Langkah-langkahnya tergantung pada type kalkulatornya.
Coba anda sebutkan langkah-langkah dalam menentukan nilai logaritma dengan kalkulator sesuai type kalkulator yang anda punya.
1. ...

2. ...

3. ...

4. ...

Latihan 2
1. Tentukan nilai logaritma berikut dengan  menggunakan tabel.
a. log 7,75   b. log 5,58      c. log 8,66      d. log 3,49      e. log 9,17
f. log 20,5    g. log 75,2      h. log 62,9     i. Log 123      j. log 350
2.Tentukan nilai logaritma berikut dengan kalkulator.
a. log 1,79   b. log 4,57      c. log 8,65      d. log 12,6
e. log 80,1   f. log 325        g. log 675       h. log 930


II. MENENTUKAN ANTILOGARITMA SUATU BILANGAN
Menentukan Antilogaritma Suatu Bilangan Antara 0 dan 10 Dengan Tabel.
Antilogaritma merupakan kebalikan dari logaritma yaitu menentukan bilangan bila diketahui nilai logaritmanya.
Contoh  tentukan nilai x dari logaritma berikut :
1.  log x  =  0,2718
log x  =  0,2718  maka  x  = antilog  0,2718
caranya dengan tabel logaritma ( lihat dan simak tabel log ) cari bilangan 2718 dalam tabel log , yaitu terletak pada kolom  7, kemudian telusuri ke kiri pada baris sampai kolom  N  , diperoleh  angka 1.8  maka bilangan tersebut adalah  1,87.
Jadi antilog 0,2718  =  1,87
2. log x  =  0,3538
log x  =  0,3538  maka  x  = antilog 0,3538
caranya dapat digunakan tabel antilog (lihat dan simak tabel antilog)
cari bilangan 0,35 ( pada tabel 35 ) pada kolom  x tabel antilog. Telusuri baris ke kanan sampai kolom 3, didapat angka  2254, kemudian pada baris telusuri lagi ke kanan sampai kolom 8 (pada kolom tambahan) kita dapatkan angka 4, selanjutnya angka pada kolom 3 dan angka pada kolom 8 (kolom tambahan) dijumlahkan sehingga  2254 + 4  =  2258.
Karena karakteristik logaritma di atas adalah 0, maka bilangannya terletak antara 1 sampai 10 .
Jadi antilog 0,3538  =  2,258
3. log x  = 1, 2711  maka  x  =  antilog …..
cari bilangan pada tabel  (tabel antilog)  . 27
telusuri baris ke kanan sampai kolom …. Didapat angka  ….. , kemudian telusuri lagi pada baris(kolom tambahan) ke kanan sampai kolom …. Didapat angka ….
Kemudian jumlahkan didapat  ….. + ….  =  ……
Karena karakteristik logaritma di atas  adalah 1, maka bilangannya terletak antara 10 sampai 100.
Jadi antilog 1,2711  =  …..
Latihan 3
1. Gunakan tabel log untuk menentukan nilai x
 a. log x  = 0,6990 b.log x  = 0,7520       c. log x  = 0,8225
 d. log x  = 0,9350  e.log x  = 1,2923       f. log x  =  2,4099
2. Gunakan tabel antilog untuk menentukan nilai x
 a. log x  = 0,4065 b. log x  = 0,4771      c. log x  = 0,5670
 d. log x  = 0,3579 e. log x  =  0,190       f.  log x  =  0,7615

LEMBAR KERJA SISWA 7

Mata Pelajaran                     : Matematika
Uraian Materi Pelajaran      : Sifat-sifat logaritma dan penggunaan dalam
     perhitungan aljabar
Kelas / Semester                  :  X / Gasal
Waktu                                     : 3 x 45 menit
___________________________________________________________
MATERI :

Sifat-sifat logaritma yang akan dipelajari banyak digunakan untuk menentukan logaritma bilangan yang lebih dari 10 atau bilangan-bilangan antara 0 sampai 10 serta penerapannya dalam hitungan aljabar.
Beberapa sifat-sifat logaritma
1. Sifat :   alog b = b  

Contoh : Sederhanakan logaritma berikut

a)  3 log 2 = 2                                        c)  z log y = ...
b)  6 log 7 = ...                                       d)  2 log 3 = ...
2. Sifat  :    jika a, b, c bilangan real positif dan a ≠ 1

                
Contoh : Sederhanakan dengan menggunakan sifat 2
a)  2log 4 + 2log 16    =  2log 4.16         =  2log 64     =  6
b)  7log 7 + 7log 49    =  7 log (…x…)   =  7log ….     = 
c)  log 5 + log 2         =  log (…x…)      = log …        = ….
d)  3log 4 + 3log 2      =   3log( …x …)  =  3log …      = ….

3. Sifat  : Jika a,b dan c bilangan real positif,  a  ¹ 1  maka

                           b
                 alog  ¾  =  alog b  -  alog c
                           c 

Contoh :  Sederhanakan dengan menggunakan sifat 3

                                                      16        
a.  2log 16 -  2log 4           =  2 log  ¾      =  2log 4          =  2
                                                        4

                                                        9
b.  3log 9  -  3log 1/3         =  3log  ¾       =  3log  ….      =  …..
                                                       

                                                      625
c.  5log 625  -  5log 5        =  5log  ¾       =  …..              =  …..
                                                       ….

                                                    ….
d.  log 100  -  log 10         =  log  ¾        =  log  ….       =  …..
                                                    ….
Latihan 1.
Sederhanakan dengan menggunakan sifat 1, 2 dan 3
1.   6 log 9

2.   2 log 5 + 3 log 7

3.   7 log 9 x 8 log 2

4.   5 log 7 – 6 log 3

5.   log 2  + log 6

6.   2log 8  + 2log 32

7.   8 log 32  +  8log 16  +  8log 128

8.   log 25  -  log 32

9.   3log 7 ½  +  3log 5/6   + 3log (36/25)

10.  log 16  +  log 25  -  log 4

11.  5log 20  +  5log 15  -  5log 12

12.  2log 144  + 2log 125  -  2log 15  -  2log 150


4. Sifat  :   jika  b  > 0  ,  n bilangan rasional  maka
           
           alog bn  =  n . alog b

Contoh :
Sederhanakan dengan menggunakan sifat 4
a.  2log 53      =  3. 2log 5
b.  log 100      =  log 10  =   … log 10  =  … x  1  =  
c.  3 log 27      =  3log 3   =  …. 3log  3  =  … x  1  = 
                                          1                            
d.  1/2log 2–4  =  1/2log  ¾  =  1/2 log (1/2)….  = ….x 1/2log ½  =  … x …= ...
                                          24
e.  5log 1/5     =  5log 5  =  … x 5log …  =  …..

5. Sifat   :  Mengubah bilangan pokok logaritma

                                    clog b
                   alog b   =  ¾¾   jika a > 0 , a ¹ 1 ,  c > 0 , c ¹1
                                    clog a

Pada kasus khusus  jika   c = b
                                 
                                    1         
              alog b  =    ¾¾
                                 blog a


Contoh :  sederhanakan dengan menggunakan sifat 5

                      Log 5    0,699
a.  2 log 5  =  ¾¾  =  ¾¾  =   2,322
                       log 2     0,301


                     log 23          3log 2       3(0,301)
b. 3log 23  =   ¾¾      =    ¾¾    =     ¾¾        =  1,893
                     log 3            0,477         0,477

                                                                 log 125       log 5          …log 5 
c.  jika 2log 5  =  x  maka  4log 125  =    ¾¾     =  ¾¾       =      ¾¾
                                                                   log  4         log 2          ….log2
                                                           ….                           
 (gunakan sifat  5)                      =  ¾   2log     =     ¾   x
                                                            ….                         
                                                            
6. Sifat  : jika  a>0, a¹1, b>0, b¹1, c>0

                alog b . blog c  =  alog c      
                       
Contoh :
  1. 3log7 . 7log 81  =  3log 81  =  3log 3   =   ……

  1. xlog 5 . 5log y . ylog x  = xlog …. =  xlog x      = ….

  1. 7log 1/5 . 5log 49 =  7log 5 . 5log 49 = …. 7log 5 . 5log 49


 
                                                                           ( sifat … )

                                                                   =    log …..

                                                                   = ……..











Latihan 2
sederhanakan dengan menggunakan sifat logaritma 4, 5, dan 6
       log 81
1.   ¾¾
       log 9

      2log 8
2.   ¾¾
       2log 2

3. 343 log 49

4.  3log 18  -  1/2log 3
5.   alog x  .  xlog b

6.   alog (1/x) . xlog a

7.   1/5 log 7 . 5log 49

8.   x log y2
       ¾¾¾
       xlog Öy    

7. Sifat :

       am log  bm  =  a  log b  
                                                             
Contoh :
jika 2log 3  = x , tentukan nilai logaritma di bawah dalam x.

1.   8log 27     =           =  2log 3  =  x

2.   4log 9        =   2``` log 3     =  ….   =  …..

3.  ½ log 1/3    =       log 3      =  …..  =  ….


8. Sifat :

  =  m/n . a log b

Contoh :
nyatakan dalam   2 log 3  =  a
1.  8log 9          =           =  2/3 . 2log 3      =  2/3 a
2.  16 log 27      =              =  (….)  2 log 3    =  ….  a
3.  ½ log Ö3      =           =  (….)  2log 3     =   …. a





Penerapan logaritma dalam perhitungan-perhitungan
1. Penerapan logaritma untuk perkalian dan pembagian bilangan
Digunakan sifat logaritma
 a.  log (a x b )  =  log a  +  log b
 b.  log  ( a/b )   =  log a  -  log b

Contoh :
1. hitung   38,3  x  82,97  =  ….
misal  a      = 38,3  x  82,97
     log a      =  log ( 38,3 x 82,97 )
                   =  log  38,3  +  log 82,97    (cari dalam tabel logaritma)
                   =  ( ….. .....) +  (... …….)
     log a      =  …….
           a      =  antilog  …..
           a      =  ……                 (cari dalam tabel antilogaritma)
2. hitung   2,714  :  19,83  =  ….
    misal  a      =  2,714  : 19,83
         Log a     =  log (2,714  :  19,83)
                        =  log  2,714  -  log 19,83      ( cari dalam table logaritma)
                        =  (……......)  -  ( …...…..)
         log a      =  ………
               a       =  antilog …….
               a       =  ………..    (cari dalam table antilogaritma)

Latihan 3 A
Selesaikan bentuk perkalian dan pembagian bilangan dengan menggunakan logaritma.
1.   6,74  x  2,95                                            4.   4,68  :  3,21
2.   0,236  x  0,042                                        5.   412,6  :  40,85
3.   8,65  x  94,37                                          6.   0,216  :  1,47
2. Penerapan logaritma untuk perpangkatan dan penarikan akar.
Gunakan sifat :
a.  log ab      =  b . log a
b.  log nÖab  =  log  a b/n  =  b/n . log a
 Contoh : Hitung nilai
3.   ( 23,49 ) 3      =  …..
      Misal      a     =  ( 23,49 ) 3
             Log a      =  log ( 23,49 ) 3
                             =  3 . log 23,49
                             =  3 .  ( ……..)   ( cari dalam table log )
                             =  ……….
                    a       =  antilog  ……
                             =   ……         (cari dalam table antilog)

4.    Ö 465,7        =  ….
        Misal    a     =  Ö 465,7
               log a     =  log Ö 465,7
                             =  log  (465,7 )1/2
                             =  ½  log 465,7
                             =  ½  (  …… )       (cari dalam table log )
              log a      =  ……….
                    a       =   antilog  ……
                    a       =  ……….   ( cari dalam table  antilog )
 
Latihan 3B
Selesaikan bentuk perpangkatan dan penarikan akar dengan logaritma.
1.  ( 3,18 )3                                            4.  Ö 17,35
2.  ( 5,864 )5                                          5.  Ö 53
3.  ( 0,875 )10                                        6.  Ö0,8021
Selesaikan dengan menggunakan logaritma.

              4230
1)     ¾¾¾¾¾¾
        3,142  x  28


      0,015  x  3Ö0,19
2)    ¾¾¾¾¾¾
                20  


                         

0 komentar:

Posting Komentar